Apa itu ISO 20000-1?
ISO 20000 adalah standar yang digunakan untuk sertifikasi manajemen teknologi informasi atau TI. Standar ini dikembangkan untuk menggantikan sertifikasi British Standar (BS) 15000 yang ditetapkan oleh British Standards International (BSI). ISO 20000 secara spesifik menentukan persyaratan bagi institusi seperti BUMN, Swasta dan Government penyedia layanan TI untuk merencanakan, menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, mereview, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen layanan TI.
Sedangkan ISO 20000-1 sistem manajemen layanan teknologi infomasi adalah standar IT Service Management System (SMS) yang menentukan persyaratan bagi penyedia layanan untuk merencanakan, menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara dan memperbaiki manajemen pelayanan teknologi infomasi di organisasi.
Manfaat ISO 20000-1
ISO 20000-1 bisa membantu organisasi memperbaiki layanannya, menunjukkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menciptakan kerangka kerja untuk penilaian independen. Beberapa manfaat sertifikasi ISO 20000-1 yang paling umum untuk penyedia layana, yaitu:
- Menawarkan diferensiasi kompetitif dengan menunjukkan keunggulan dan kualitas layanan yang tinggi.
- Memberlakukan tingkat efektivitas dan budaya perbaikan berkelanjutan dengan memungkinkan penyedia layanan memantau, mengukur dan meninjau kembali proses dan layanan Service Management.
- Menurunkan biaya yang sesuai dengan peraturan.
- Memberikan akses ke pasar utama, karena banyak organisasi di sektor publik memerintahkan penyedia layanan IT untuk menunjukkan kepatuhan terhadap ISO 20000-1.
- Memberikan kepastian kepada klien bahwa persyaratan layanan mereka akan terpenuhi.
- Membantu memanfaatkan praktik IT untuk mengoptimalkan sumber daya dan proses.
Siapa yang Bisa Implementasi ISO 20000-1?
- Organisasi yang mencari layanan dari penyedia layanan dan membutuhkan kepastian bahwa persyaratan layanan mereka akan terpenuhi.
- Penyedia layanan yang bermaksud menunjukkan kemampuannya dalam perancangan, transisi, penyampaian dan peningkatan layanan yang memenuhi persyaratan layanan.
- Organisasi yang membutuhkan pendekatan yang konsisten oleh semua penyedia layanannya, termasuk mereka yang berada dalam rantai pasokan.
- Auditor sebagai kriteria penilaian kesesuaian SMS penyedia layanan dengan persyaratan ISO 20000-1.
- Penyedia layanan untuk memperbaiki desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan melalui penerapan dan pengoperasian SMS secara efektif.