Konsultasi ISO 21001:2018

You are here:

ISO 21001:2018

Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

ISO 21001:2018 adalah standar internasional yang dirancang khusus sebagai sistem manajemen sistem untuk organisasi Pendidikan. Dimana digunakan sebagai panduan pengelolaan sistem manajemen yang efektif dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan pendekatan berbasis risiko dan proses.

Implementasi standar ISO 21000 bertujuan untuk mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan lainnya. Dengan mengimplementasikan standar ini, lembaga pendidikan dapat menyediakan produk dan layanan pendidikan sesuai persyaratan, kebutuhan, dan harapan para pihak berkepentingan.

21-2
sqr021-col1
sqr021-col2

Manfaat ISO 21001:2018

Jaminan Kualitas Layanan Pendidikan

ISO 21001:2018 membantu organisasi meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan pendekatan berbasis risiko, yaitu dengan identifikasi dan pengelolaan risiko yang relevan. Sehingga dapat meminimalkan risiko, menghindari kesalahan, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.

Meningkatkan Reputasi

Pelayanan kualitas yang sesuai dengan standar pendidikan ISO 21001:2018 akan mendorong terpenuhinya kebutuhan dan harapan para peserta didik dan para penerima manfaat lainnya. Hal ini dapat meningkatkan reputasi organisasi di mata publik.

Meningkatkan Kepercayaan Publik

Penerapan ISO 21001:2018 membantu organisasi menawarkan kualitas dan layanan pendidikan bertaraf internasional kepada publik. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pendidikan yang tersedia di organisasi.

Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Kepatuhan terhadap standar ISO 21001:2018 memberikan added value terhadap organisasi dan meningkatkan keunggulan kompetitif (daya saing) diantara kompetitor lainnya.

Kepuasan Pemangku Kepentingan

ISO 21001:2018 membantu organisasi memperkuat hubungannya dengan memenuhi kebutuhan dan harapan para pemangku kepentingan, termasuk siswa, orang tua, guru, staf, dan masyarakat.

Prinsip ISO 21001:2018

Fokus pada peserta didik dan penerima manfaat lainnya

Organisasi harus mengutamakan kebutuhan, harapan, dan kepuasan para peserta didik dan penerima manfaat lainnya. Dalam hal ini harus secara aktif melibatkan peserta didik dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, visi dan misi organisasi pendidikan, serta tujuan dan hasil pendidikan.

Kepemimpinan Visioner

Manajemen organisasi harus menunjukkan komitmen dan dukungan aktif dalam implementasi dan pemeliharaan sistem manajemen pendidikan. yaitu dengan melibatkan semua peserta didik dan penerima manfaat lainnya dalam menciptakan, menulis, dan menerapkan visi & misi, dan tujuan organisasi.

Keterlibatan SDM yang terlibat

Sistem Manajemen Pendidikan Organisasi harus melibatkan semua pihak terkait seperti siswa, orang tua, guru, staf, pihak berkepentingan, dan masyarakat. Kolaborasi dan partisipasi aktif semua pihak diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Perbaikan Berkelanjutan

Perusahaan harus memantau, mengevaluasi, dan memperbaiki kinerja sistem manajemen pendidikan secara terus-menerus untuk mencapai hasil yang maksimal. Hal ini dilakukan dengan menggunakan konsep dasar Sistem Manajemen Plan-Do-Check-Action.

Pendekatan Proses

Penerapan sistem yang sistematis membantu organisasi memperoleh hasil yang konsisten dengan lebih efektif dan efisien sebagai sistem yang koheren, termasuk input dan outputnya.

Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti

Dalam melaksanakan pengambilan keputusan organisasi harus memastikan menggunakan analisis dan evaluasi data dan informasi yang relevan agar menghasilkan keputusan yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi.

Manajemen Hubungan

Penerapan sistem manajemen pendidikan harus memperhatikan pengelolaan hubungan dengan para pihak berkepentingan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap keberhasilan organisasi melaksanakan perbaikan berkelanjutan.

Tanggung Jawab Sosial

Organisasi harus mengelola tanggung jawabnya secara sosial serta memastikan tingkat keberhasilan penyediaan layanan pendidikan dalam jangka panjang.

Aksesibilitas dan Pemerataan

Organisasi yang sukses bersifat inklusif, fleksibel, transparan, dan akuntabel dalam menangani kebutuhan, minat, kemampuan, dan latar belakang para peserta didik. Organisasi harus menyediakan layanan pendidikan yang dapat diakses secara adil bagi peserta didik. 

Perilaku Etis

Organisasi harus menciptakan lingkungan profesional yang etis, adil, terhindar dari konflik kepentingan serta melaksanakan program layanan yang sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Proteksi dan keamanan data

Organisasi harus menciptakan lingkungan pendidikan dengan keamanan dan kontrol data yang baik serta melaksanakan pengelolaan kerahasiaan data informasi dengan proteksi yang tepat.
hubungi-kami
sqr021-col1
sqr021-col2

Hubungi Kami

Kami siap membantu Anda dalam pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem manajemen yang efektif dan efisien