September 13, 2023

Kenapa harus melakukan Gap Analysis ISO 27001?

apa itu gap analysis

Apa itu Gap Analysis?

Apa itu Gap Analysis? – Gap Analysis adalah proses sistematis untuk mengidentifikasi jarak antara kondisi organisasi saat ini dengan tujuan yang ingin dicapainya. Digunakan sebagai alat untuk mengukur kekuatan dan kelemahan organisasi serta mengembangkan strategi untuk mengisi kesenjangan di antara keduanya. Analisis kesenjangan dapat diterapkan organisasi pada area mana pun, mulai dari kinerja keuangan hingga tingkat layanan pelanggan. Tidak terkecuali pada sistem Perusahaan.

Gap Analysis ISO 27001

Gap Analysis ISO 27001 menawarkan pemahaman komprehensif tentang tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi. Yaitu melalui proses pemeriksaan dan perbandingan keamanan informasi organisasi Anda saat ini dengan peryaratan yang diuraikan dalam standard ISO 27001. Penilaian yang menyeluruh akan membantu Anda lebih memahami langkah apa saja yang diperlukan untuk mencapai sertifikasi. Sekaligus mengevaluasi kesesuaian implementasi keamanan informasi organisasi dengan standard ISO 27001. Melalui proses gap analysis, Anda akan mampu mengidentifikasi kelemahan yang ada agar segera dapat dilakukan perbaikan.

Proses gap analysis menilai kerentanan-kerentanan utama, mulai dari potensi permasalahan sumber daya manusia, seperti kesenjangan komunikasi atau pelatihan, atau permasalahan teknis seperti kontrol akses. Sehingga dapat memberikan pemahaman tentang kesenjangan apa saja yang perlu diatasi untuk membantu organisasi memastikan kepatuhan dan keamanannya. ISO 27001 akan membandingkan kontrol yang digunakan, misalnya kontrol yang diterapkan pada privasi data, manajemen risiko, atau mitigasi serangan siber dengan persyaratan ISO 27001. Peninjauan akan dilakukan terhadap seluruh fungsi bisnis untuk mengidentifikasi kesenjangan yang ada.

Kenapa Gap Analysis penting dilakukan saat mengimplementasikan ISO 27001?

Gap Analysis adalah bagian penting yang diperlukan untuk mencapai kepatuhan ISO. Dimana memungkinkan Anda menilai kinerja perusahaan dan menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Sehingga bisnis yang berjalan dapat memenuhi kriteria yang ada melalui proses perbaikan serta proses penting lainnya yang harus diterapkan.

Proses gap analysis ISO 27001 memberikan informasi yang diperlukan Perusahaan untuk memahami langkah perbaikan yang diperlukan untuk memenuhi syarat kepatuhan terhadap standard ISO 27001. Dimana memberikan rekomendasi yang jelas mengenai pengendalian keamanan siber berbasis organisasi, teknologi, atau berbasis manusia yang perlu diterapkan untuk mengatasi kesenjangan yang ada.

Gap analysis ISO 27001 dapat membantu dalam menghemat waktu dan sumber daya dengan mengidentifikasi berbagai perbaikan yang diperlukan secara efektif dan efisien. Proses ini akan membantu Anda membangun sistem internal yang memenuhi standar ISO dengan memberikan pengalaman kualitas yang maksimal kepada para penggunanya.

Hasil Gap Analysis ISO 27001

Gap analysis ISO 27001 akan melakukan penilaian terhadap beberapa hal, yaitu:

    1. Kesenjangan kepatuhan organisasi terhadap persyaratan standard ISO 27001;
    2. Ruang lingkup sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) organisasi;
    3. Persyaratan sumber daya; dan
    4. Jangka waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan sertifikasi.

Setelah proses penilaian selesai dilakukan, laporan terkait harus dibuat dengan merangkum hasil temuan proses gap analysis. Dimana akan merinci bagian yang sudah memenuhi persyaratan dan bagian yang memerlukan perbaikan, serta rekomendasi lanjutan agar memenui standard ISO 27001. Laporan gap analysis ISO 27001 umumnya akan mencakup hal-hal sebagai berikut.

    1. Tingkat kesiapan proses dan prosedur keamanan informasi secara keseluruhan.
    2. Gap antara proses dan prosedur dengan persyaratan standard ISO 27001 yang spesifik.
    3. Ruang lingkup SMKI yang dipilih untuk memenuhi tujuan bisnis dan strategis.
    4. Garis besar perencanaan dan upaya yang diperlukan untuk menerapkan SMKI ISO 27001.
    5. Status pemenuhan terhadap persyaratan klausul ISO 27001 dan kontrolnya.

Fit Konsultan menyediakan layanan Konsultasi untuk Anda yang ingin menerapkan sistem keamanan informasi sesuai standard ISO 27001. Kami akan mendampingi perusahaan Anda dalam proses implementasi sistem ISO 27001, mulai dari gap analisis, penyusunan general dokumen serta mandatory dokumen, melakukan internal audit sampai dengan memperoleh sertifikat ISO 27001 yang dibutuhkan. Selain memudahkan perusahaan dalam dalam pengurusan ISO, penggunaan jasa konsultan juga akan mempercepat proses perusahaan mendapatkan sertifikat ISO 27001. Segera hubungi kami!

Baca juga: Implementasi Information Security Risk Treatment ISO 27001

Hubungi kami

Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang!

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Discover more articles