October 3, 2024

Ketahui Manfaat Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management

Sebagai pemilik bisnis, cara untuk memperkenalkan bisnis anda kepada pelanggan adalah dengan cara promosi. Selain kepada pelanggan, anda juga harus memperkenalkan kepada distributor. Oleh karena itu, salah satu caranya dengan mengelola Customer Relationship Management (CRM). CRM adalah pendekatan dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Jika Customer Relationship Management dilakukan secara berkelanjutan, dampaknya akan dirasakan oleh pelanggan dan tentunya komunikasi dengan pelanggan akan tetap terjaga. Selain itu, CRM mampu mengelola proses, kebijakan dan strategi secara bersamaan. sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tujuan Customer Relationship Management (CRM)

Ada beberapa tujuan CRM yang perlu diketahui, seperti:

  • Meningkatkan hubungan antar perusahaan dengan pelanggan sehingga pendapatan akan semakin meningkat.
  • Adanya konsistensi baik dari pelanggan maupun perusahaan dalam menyampaikan informasi.
  • Informasi yang lengkap menjadi sarana paling baik untuk meningkatkan penjualan, baik up selling ataupun cross selling.
  • Ketika mendapatkan informasi pelanggan, anda bisa menggunakannya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan pada saat itu.

Manfaat Customer Relationship Management

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pelanggan dan perusahaan jika menerapkan CRM, seperti:

  1. Dapat Mengurangi Biaya

    Adanya keterikatan hubungan pelanggan dengan perusahaan pastinya membawa keuntungan untuk biaya operasional karena sudah memiliki target pasar yang pasti. Sehingga perusahaan dapat menentukan metode yang tepat dalam melakukan promosi.

  2. Meningkatkan Efisiensi Operasional

    Dengan adanya kemudahan, anda tidak perlu khawatir lagi dengan turunnya kualitas pelayanan dan juga bisa mengurangi beban cash flow.

  3. Mendorong Loyalitas Pelanggan

    Hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan akan menimbulkan dampak positif, salah satunya adalah loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, mempertahankan kualitas produk dan pelayanan menjadi hal penting supaya pelanggan tidak pindah ke kompetitor lain. Dalam CRM ini, manfaat standar ISO bagi perusahaan kecil dan menengah juga dibutuhkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

  4. Mendapatkan Data yang Efisien

    Data yang sudah dimiliki perusahaan menjadi bekal untuk strategi promosi. Karena perusahaan sudah mengetahui kapan pelanggan melakukan transaksi. Ketika mengetahui hal tersebut, perusahaan sudah siap dengan cara pemasaran yang akan digunakan.

  5. Meningkatkan Pendapatan

    Jika pelanggan percaya dengan perusahaan, loyalitas meningkat, dan akan berdampak pada efek penjualan. Hal ini bisa dipastikan bahwa akan terjadi peningkatan pendapatan yang signifikan.

Kontak Kami

Segera Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami!

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Discover more articles