September 19, 2024

Manfaat Standar ISO bagi Perusahaan Kecil dan Menengah

standar iso

Standar ISO (International Standard Organizations) merupakan klausul penerapan sistem kerja, kualitas mutu, dan lingkungan hidup yang mengedepankan kepuasan klien terhadap produk atau layanan yang digunakan. ISO sendiri memberikan jaminan kualitas produk dari semua aspek, manfaat standar ISO tidak hanya untuk klien, tetapi dengan diterapkan ISO di perusahaan juga akan mendapatkan dampak yang positif. Standar ISO 9001 juga dibutuhkan dalam menyusun rencana kebutuhan industri.

Aturan kerja yang lebih baik akan menguntungkan perusahaan karena proses produksi akan menjadi lebih cepat, produk yang dihasilkan lebih bermutu, dan setiap proses pengerjaan terdokumentasi dengan baik.

Manfaat Standar ISO untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Ada beberapa manfaat standar ISO yang bisa didapatkan oleh perusahaan kecil dan menengah jika menerapkannya. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Membantu meningkatkan kualitas barang dan jasa

    Menjalankan bisnis yang memberikan layanan khusus membutuhkan pengetahuan yang mendalam dan mengetahui standar teknis untuk meningkatkan kualitas barang atau jasa.

  2. Membantu pertumbuhan, mengurangi biaya dan meningkatkan keunggulan

    Standar ISO bisa membantu dalam mendapatkan pasar baru untuk produk atau jasa dan menjadikan produksi atau penggunaan bahan-bahan menjadi lebih aman. Penerapan standar ISO dalam UMKM tentunya akan menambah biaya, tetapi hal ini akan terbayarkan dengan adanya produk-produk baru dan penerapan proses yang sesuai dengan standar.

  3. Membuka pasar ekspor untuk produk dan jasa

    Standar ISO akan membuat UMKM lebih mudah dalam persaingan pasar, karena bisa mengurangi biaya dan waktu.Standar ISO juga dapat meningkatkan kepopuleran merek karena konsumen bisa menjadi jaminan.

  4. Membantu perusahaan dalam mematuhi perundang-undangan

    Standar ISO tidak akan membantu perusahaan dalam mematuhi perundang-undangan, tentunya perusahaan juga akan menunjukkan kepada calon konsumen bahwa perusahaan sudah bekerja sesuai dengan standar dalam menyediakan produk dan jasa yang berkualitas.

  5. Meningkatkan kredibilitas dan menjaga kepercayaan pelanggan

    Standar ISO bermanfaat dalam meningkatkan kredibilitas dan menjaga kepercayaan konsumen melalui kreativitas dan inovasi produk dan layanan. Dengan menerapkan standar ISO, perusahaan akan meningkatkan kredibilitas sebagai pemasok unggulan dan memberikan rasa aman bagi konsumen.

  6. Membukakan pintu untuk pelanggan baru dan memperkuat bisnis yang sedang berjalan

    Standar ISO memberikan pondasi yang kuat untuk perusahaan kecil yang bisa memperluas jangkauan pelanggannya.

Kontak Kami

Segera Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami!

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Discover more articles