Kualitas merupakan salah satu tujuan jangka panjang sebuah bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Standar kualitas produk atau jasa yang ditetapkan sebuah bisnis dapat menjadi tolok ukur pelanggan dalam menilai kesuksesan dan tingkat kualitas sebuah brand. Organisasi dapat memenuhi kebutuhan tingkat kualitas produk yang mumpuni bagi pelanggan dengan menerapakan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001.
ISO 9001 mampu memfasilitasi kebutuhan organisasi dalam memenuhi tujuan jangka panjangnya. Salah satunya pemenuhan terhadap tingkat kualitas produk atau jasa yang sesuai dengan harapan konsumen.
Mengenal apa itu ISO 9001
ISO 9001 merupakan standar yang digunakan sebagai pedoman untuk membangun dan menerapkan sistem manajemen mutu. Standar ini menetapkan kriteria dan/atau persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan agar memiliki sistem manajemen yang efektif.
ISO 9001:2015 diterbitkan pada 2015 adalah versi standar manajemen mutu yang berlaku saat ini. Standar ini menggantikan versi sebelumnya yaitu ISO 9001:2008. Di Indonesia ISO 9001 telah diadopsi secara identik oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) menjadi SNI/ISO 9001:2015.
ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu (Quality Management System) pada organisasi. Standar ini pertama kali diterbitkan pada 1986 oleh ISO (International Organization for Standardization). Yaitu sebuah badan internasional yang terdiri dari badan standar nasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara.
Sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001 dapat digunakan oleh organisasi dengan berbagai skala bisnis dan sektor industri. Terdapat lebih dari satu juta perusahaan dan organisasi di lebih dari 170 negara yang telah bersertifikat ISO 9001.
Tujuan ISO 9001
SNI ISO 9001:2015 merupakan persyaratan Sistem Manajemen Mutu yang bertujuan untuk:
- Membangun kesadaran mutu (Quality Awareness)
- Menumbuhkan kepekaan terhadap krisis (Sense of Crisis)
- Meningkatkan rasa kepemilikan (Sense of Belonging).
- Peningkatan berkelanjutan (Continuous Improvement)
Sistem manajemen mutu (ISO 9001) memegang prinsip yang berfokus pada pelanggan, menjamin dukungan manajemen puncak, pendekatan proses, dan peningkatan berkelanjutan. Implementasi dan sertifikasi ISO 9001 memberikan jaminan kepada pelanggan dalam memperoleh produk dan layanan konsisten serta berkualitas baik. Sertifikat ISO 9001 adalah bukti perusahaan telah berhasil memenuhi komitmen terhadap persyaratan pelanggan dan system manajemen yang berstandar internasional.
Fungsi ISO 9001 Bagi Perusahaan
Salah satu fungsi ISO 9001 yang paling utama bagi perusahaan adalah membentuk citra yang baik di industri atau bisnis. Memiliki sertifikasi ISO 9001 menunjukkan bahwa perusahaan telah memenuhi standar internasional manajemen mutu. Standar ini menggunakan pendekatan proses yang menggabungkan siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) serta berbasis risiko.
- Membentuk Citra yang Baik di Industri atau Bisnis
- Menekan Tingkat Kesalahan Proses Produksi
- Memastikan Kualitas Produk Setara Standar Internasional
- Meningkatkan Efektivitas Rantai Pasokan
- Meningkatkan Standar Kerja Perusahaan
Konsultasi ISO 9001
ISO 9001:2015 dirancang untuk membantu organisasi menciptakan tata kelola sistem manajemen mutu yang efektif, efisien, dan responsif terhadap perubahan pasar dan pelanggan. Konsultasi ISO 9001 adalah salah satu faktor keberhasilan implementasi sistem manajemen mutu perusahaan. Kenapa?
Proses konsultasi merupakan aktivitas yang melibatkan tenaga professional yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Konsultasi ISO 9001 sendiri mencakup proses perencanaan, identifikasi risiko, penyusunan dokumen, implementasi, hingga proses sertifikasi. Hal ini tentu saja bergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan. Selain memudahkan perusahaan dalam pengurusan ISO, penggunaan jasa konsultan juga akan mempercepat proses perusahaan mendapatkan sertifikat ISO 9001.