ISO 9001 merupakan standard internasional untuk sistem manajemen mutu yang diterbitkan oleh organisasi ISO. Sistem manajemen mutu merupakan rangkaian proses yang terdiri dari perencanaan, pengelolaan, pengimplementasian, serta evaluasi dalam rangka pencapaian tujuan bisnis, yaitu memenuhi persyaratan pelanggan.
Sertifikasi ISO merupakan bentuk pengakuan terhadap komitmen organisasi dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu sesuai ISO 9001 dengan baik dan benar. Pengakuan ini diberikan oleh Lembaga Ketiga Independen sebagai Lembaga Penilai Kesesuaian yang menjamin kepatuhan organisasi terhadap standar ISO 9001. Lembaga Penilai Kesesuaian (LPK) ini berada dibawah pengawasan Lembaga diatasnya yang telah bekerjasama dengan Lembaga Akreditasi Internasional, seperti IAF, ILAC, APAC dan sejenisnya. Di Indonesia sendiri Lembaga ini diwakili oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional).
Tujuan Sertifikasi ISO 9001:2015
Perlu diketahui bahwa sertifikasi ISO memberikan kredibilitas kepada Organisasi dan memberikan Jaminan kepada klien potensial bahwa produk atau jasa yang diberikan telah memenuhi persyaratan kualitas berstandar internasional. Tujuan utama sertifikasi ISO adalah untuk menunjukkan upaya peningkatan berkelanjutan pada produk atau jasa melalui proses perbaikan terhadap sistem manajemen Organisasi.
Sertifikasi ISO 9001 sangat penting bagi Perusahaan karena jenis sertifikasi ini dapat berpengaruh langsung pada reputasi perusahaan di mata konsumen. ISO 9001 sendiri berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu. Organisasi yang telah tersertifikasi ISO 9001 harus mempunyai kemampuan memenuhi kepuasan pelanggan termasuk persyaratan-persyaratan yang ditetapkannya.
Tujuan utama dari ISO 9001 adalah meningkatkan efektivitas manajemen mutu dengan pendekatan berbasis proses (process-based approach) untuk mencapai Continuous Improvement atau perbaikan berkelanjutan. Sehingga, bisnis dapat mengurangi tingkat kesalahan secara menyeluruh, menekan biaya proses, dan mencapai hasil akhir produk, kualitas, serta kinerja yang diinginkan.
Manfaat penerapan ISO 9001:2015 di perusahaan
Manfaat penerapan system manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 diantaranya:
- Meningkatkan reputasi dan Citra Perusahaan (Brand Image)
- Memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan
- Meningkatkan efisiensi operasional, efisiensi biaya (cost efficiency) dan waktu
- Memperoleh kepercayaan pelanggan (Customer Trust)
- Memiliki peluang mendapatkan klien yang lebih besar
- Sebagai jaminan keamanan produk, kualitas produk dan proses bisnis perusahaan
- Meningkatkan produktivitas perusahaan
- Peluang menjalin hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
- Meningkatnya nilai kompetitif perusahaan pada industri dan skala bisnisnya
- Meningkatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan
- Mendorong perbaikan berkelanjutan
Baca juga: 7 Prinsip Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015