November 30, 2023

UU PDP dan ISO 27001 Amankan Informasi Pribadi dan Data Pelanggan

perlindungan data pribadi

Perlindungan data pribadi telah menjadi perhatian utama di era digital ini, dimana informasi pribadi dapat dengan mudah disebarkan dan dieksploitasi. Dalam upaya melindungi data pribadi, Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) telah diberlakukan sebagai kerangka hukum yang mengatur penggunaan dan perlindungan data pribadi individu. Sedangkan standar ISO 27001 adalah standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) yang membantu organisasi melindungi data mereka.

UU PDP Nomor 27 tahun 2022 berisikan tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang mengatur bahwa orang perorangan termasuk yang melakukan kegiatan bisnis atau e-commerce di rumah bisa dikategorikan sebagai pengendali data pribadi. Sehingga ia bertanggung jawab secara hukum atas pemrosesan data pribadi yang diselenggarakannya dan memenuhi ketentuan yang ada dalam UU PDP. Sesuai dengan konsep ISMS (Information Security Management System), ISO 27001 mendukung penerapan UU PDP dalam setiap perusahaan, terutama untuk perusahaan berbasis digital.

Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

Perlindungan data pribadi menurut pasal 1 ayat 2 UU PDP adalah segala upaya yang dilakukan untuk melindungi data pribadi individu dalam rangkaian pemrosesan atau pengelolaan data pribadi untuk menjamin hak konstitusional Subjek Data Pribadi. Peraturan UU PDP bertujuan untuk melindungi privasi individu dalam pengumpulan, penggunaan, dan pengelolaan data pribadi. UU ini mengatur berbagai aspek, termasuk hak individu atas data pribadi mereka, kewajiban organisasi untuk menjaga kerahasiaan data, dan sanksi bagi pelanggaran yang melanggar hukum. UU PDP memberikan kerangka kerja yang jelas bagi organisasi untuk mengelola dan melindungi data pribadi, mendorong transparansi dalam penggunaan data, dan memperkuat kepercayaan konsumen.

Baca juga: Mengenal Persamaan dan Perbedaan ISO 22301:2019 dan ISO 27001:2022

Apa yang Dibahas dalam ISO 27001?

ISO 27001 merupakan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS). Semenjak organisasi atau perusahaan menerapkan sistem yang berbeda, ISMS selalu disesuaikan untuk menangani kebutuhan tertentu. Hubungan antara perlindungan data pribadi dan Sistem Manajemen ISO 27001 terletak pada salah satu tujuan dari standar ini, yaitu untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi, termasuk data pribadi yang dimiliki oleh organisasi. ISO 27001 memberikan panduan yang komprehensif untuk mengelola keamanan informasi di organisasi. Dengan menerapkan standar ini, organisasi dapat memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi mereka mematuhi standar internasional yang diakui secara luas.

Kesesuaian ISO 27001 dengan UU PDP

Berikut adalah beberapa cara ISO 27001 mendukung kesesuaian dengan UU PDP.

  1. Perlindungan Data Pribadi

Standar SMKI ISO 27001 membantu organisasi mengidentifikasi dan melindungi data pribadi dengan menerapkan langkah-langkah keamanan informasi yang sesuai.

  1. Pengelolaan Risiko

Standar ini menekankan pada pendekatan berbasis risiko dalam mengelola keamanan informasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip UU PDP dalam mengidentifikasi dan mengurangi risiko terhadap data pribadi.

  1. Kepatuhan Hukum

ISO 27001 membantu organisasi memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan persyaratan hukum, termasuk UU PDP. Yaitu dengan menerapkan kontrol keamanan yang relevan dan dokumentasi yang diperlukan.

  1. Audit dan Penilaian

Melalui proses audit internal dan eksternal, ISO 27001 memungkinkan organisasi untuk mengevaluasi kepatuhan mereka terhadap standar keamanan informasi dan persyaratan hukum, termasuk aspek-aspek yang terkait dengan perlindungan data pribadi.

Menerapkan standar ISO 27001 secara efektif dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan UU PDP dan menunjukkan komitmen mereka terhadap perlindungan data pribadi. Dengan menggabungkan pendekatan hukum dan teknis, organisasi dapat mengamankan informasi pribadi dengan tepat, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, dan membangun kepercayaan pelanggan dalam pengelolaan data mereka.

Kontak Kami

Segera Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami!

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Discover more articles