implementasi k3

Implementasi K3 Solusi Pembangunan Berkelanjutan 2030

Di tengah tantangan global seperti perubahan iklim, penurunan biodiversitas, dan ketidakadilan sosial, pembangunan berkelanjutan di Indonesia menjadi semakin penting untuk memastikan kesejahteraan generasi mendatang. Saat ini Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.  Namun, untuk mewujudkannya, dibutuhkan sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam menciptakan kebijakan dan praktik yang tidak hanya mendukung…

Details
sertifikasi ISO

Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Keunggulan Kompetitif

Sertifikasi ISO merupakan cara untuk mencapai kualitas dan keberlanjutan dalam berbagai aspek bisnis dan industri. ISO sudah mengembangkan standar internasional yang merinci dan praktik terbaik dalam manajemen kualitas, lingkungan, keamanan dan aspek lainnya. Standar ISO ini sangat penting dalam perkembangan bisnis dan industri. Sertifikasi ISO mampu meningkatkan kualitas produk atau layanan yang sudah disediakan oleh…

Details
Customer Relationship Management

Ketahui Manfaat Customer Relationship Management (CRM)

Sebagai pemilik bisnis, cara untuk memperkenalkan bisnis anda kepada pelanggan adalah dengan cara promosi. Selain kepada pelanggan, anda juga harus memperkenalkan kepada distributor. Oleh karena itu, salah satu caranya dengan mengelola Customer Relationship Management (CRM). CRM adalah pendekatan dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Jika Customer Relationship Management dilakukan secara berkelanjutan, dampaknya akan dirasakan oleh…

Details
sistem manajemen kinerja

Pengelolaan SDM dengan Sistem Manajemen Kinerja

Setiap organisasi dan perusahaan tentunya memiliki tujuannya masing-masing yang digerakkan oleh para karyawannya. Agar tujuan bisa dicapai dengan maksimal, tentunya harus memiliki sistem manajemen kinerja. Sistem manajemen kinerja adalah suatu cara komunikasi yang dilakukan secara berkelanjutan antar karyawan dengan atasannya untuk mencapai tujuan utama di sebuah perusahaan. Manajemen kinerja ini sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan…

Details
standar iso

Manfaat Standar ISO bagi Perusahaan Kecil dan Menengah

Standar ISO (International Standard Organizations) merupakan klausul penerapan sistem kerja, kualitas mutu, dan lingkungan hidup yang mengedepankan kepuasan klien terhadap produk atau layanan yang digunakan. ISO sendiri memberikan jaminan kualitas produk dari semua aspek, manfaat standar ISO tidak hanya untuk klien, tetapi dengan diterapkan ISO di perusahaan juga akan mendapatkan dampak yang positif. Standar ISO…

Details
standar iso 9001

Menyusun rencana kebutuhan industri sesuai standar ISO 9001

Dalam era persaingan industri yang semakin ketat, menyusun rencana kebutuhan yang efektif menjadi semakin penting untuk memastikan kesuksesan dan kepuasan pelanggan. Standar ISO 9001 memiliki kerangka kerja yang sistematis untuk mencapai tujuan ini dan fokus pada manajemen kualitas dan pemenuhan karapan pelanggan. Untuk itu, sangat penting bagi setiap organisasi atau perusahaan untuk memahami dan mengimplementasikan…

Details
Lean management

Implementasi Lean Management untuk Meningkatkan Efisiensi

Bisnis yang sukses dan menguntungkan tentunya menjadi impian semua pebisnis. Namun, terkadang tantangan dalam mengelola bisnis bisa membuat pemilik bisnis merasa sulit untuk mencapai tujuan mereka. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah waktu produksi yang lama, biaya produksi yang cukup tinggi, tingkat kualitas yang buruk hingga tingkat kepuasan pelanggan yang rendah. Masalah inilah yang…

Details
iso 9001:2015 adalah

Peran ISO 9001 Meningkatkan Kinerja & Memaksimalkan Layanan

ISO 9001:2015 adalah standar organisasi internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (SMM). Organisasi yang biasanya menggunakan standar ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan yang konsisten dalam menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan. ISO 9001 juga dapat diimplementasikan pada bisnis lho. Sertifikasi ISO 9001 menunjukkan bahwa organisasi sudah memenuhi persyaratan yang…

Details
sanksi tindak pidana

Sanksi Tindak Pidana di Bidang ITE

Terdapat beberapa tindak pidana yang dilarang dalam Undang-Undang Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kasus pelanggaran UU ITE yang sering kali terjadi dan didengar oleh publik adalah pencemaran nama baik, penghinaan atau penyebaran hoax melalui saluran internet, terutama di media sosial. Ketentuan mengenai sejumlah tindak pidana dan ancaman hukumannya terdapat di pasal 27 45…

Details
pentingnya sni

Peran Penting SNI dalam Melindungi Konsumen dan Meningkatkan Daya Saing Produk di Indonesia

Menurut Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 tentang Standar Nasional Indonesia, SNI bertujuan untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat untuk keselamatan ataupun pelestarian fungsi lingkungan hidup, membantu kelancaran perdagangan dan mewujudkan persaingan usaha yang baik dalam perdagangan.  Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI…

Details