September 15, 2023

Mengenal Penetration Test dan kaitannya dengan ISO 27001

pentest iso 27001

Security testing adalah jenis pengujian perangkat lunak yang dilakukan untuk mengidentifikasi kerentanan serta memastikan bahwa data dan sumber daya sistem di dalamnya sudah terlindungi dengan baik dari para penyusup/peretas. Pengujian keamanan sistem dilakukan dengan tujuan untuk menemukan semua celah dan kelemahan sistem yang dapat mengakibatkan hilangnya informasi atau reputasi perusahaan.

Security Testing adalah salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam penjaminan keamanan sistem informasi. Pada dasarnya, memang benar Security Testing tidak bisa menjamin bahwa sebuah sistem aman sepenuhnya, tetapi pengujian ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan keamanan sistem itu sendiri. Diantara jenis dan metode security testing, penetration test adalah salah satu pengujian yang penting dilakukan dalam mengimplementasikan ISO 27001.

Baca juga: Perubahan dan Fitur Baru pada ISO 27001:2022

Apa Itu Penetration Test?

Penetration test atau pentest adalah metode pengujian keamanan sistem informasi dari berbagai jenis serangan. Tujuan pentest adalah untuk mengidentifikasi kerentanan atau celah keamanan pada sistem informasi dan memberikan rekomendasi untuk memperbaikinya. Dalam implementasi ISO 27001, pentest menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga keamanan informasi.

Baca juga: Persyaratan Penting untuk Implementasi ISO 27001 di Perusahaan

Penetration Test ISO 27001

Penetrasi Test ISO 27001 adalah proses pengujian keamanan dengan mensimulasikan serangan siber untuk menemukan area yang tidak sesuai dengan standard ISO 27001 dan kerentanan terkait untuk keperluan eksploitasi dan mngidentifikasi dampaknya. Proses ini diterapkan terhadap aset yang tecakup pada standard ISO 27001. Layanan Pentest digunakan untuk mengevaluasi keamanan situs web, aplikasi web, atau jaringan.

Proses pengujian dilakukan dengan melakukan simulasi serangan cyber terhadap sistem yang akan diuji. Pengujian ini dilakukan secara manual oleh pentester profesional dan bersertifikat menggunakan beragam pentest tools dan teknik. Penetration Testing harus dilakukan secara rutin untuk mencegah penembusan sistem keamanan yang disebabkan adanya celah atau kerentanan keamanan pada sistem.

Baca juga: Penerapan 10 Klausul ISO 27001 dengan Siklus PDCA di Perusahaan

Mengapa Penetration Testing diperlukan?

Pentest dapat membantu organisasi untuk memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan telah memenuhi standard keamanan dan melindungi informasi dari serangan yang mungkin terjadi. Dalam implementasinya, pentest wajib dilaksanakan setidaknya 1x setahun untuk memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan telah memenuhi standard keamanan ISO 27001.

Mengapa Penetration Testing penting untuk pemenuhan standard ISO 27001?

Penetration Testing yang efektif melibatkan simulasi serangan jahat terhadap sistem keamanan yang diuji. Umumnya pengujian ini menggunakan kombinasi metode dan alat tertentu oleh pentester angkahonal bersertifikat dan beretika. Temuan yang dihasilkan dalam proses ini memberikan dasar untuk meningkatkan angkah-langkah keamanan. Penetation Testing adalah komponen penting dari Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) ISO 27001, mulai dari pengembangan awal hingga pemeliharaan dan peningkatan berkelanjutan.

Baca juga: Implementasi Information Security Risk Assessment ISO 27001

Ruang Lingkup Uji Penetrasi ISO 27001

Ruang lingkup pentest mengacu pada pengaturan dan pemilihat aset yang akan diuji, pengujian dan eksploitasi yang diperbolehkan untuk dilakukan, seberapa jauh eksploitasi dapat dilakukan, dan masih banyak lagi. Proses ini dilakukan secara menyeluruh dan mencakup setiap aspek dari potensi pengujian sebelum dilakukan pada suatu sistem. Cakupan pengujian penetrasi ISO 27001 untuk keamanan jaringan, situs web, dan lainnya dirancang dengan cara ini untuk menghindari perluasan cakupan dan tanggung jawab hukum di kemudian hari.

Ruang lingkup Pentest ISO 27001 biasanya melibatkan:

    1. Detail lokasi, aset data, informasi karyawan, dan teknologi.
    2. Mempertimbangkan permasalahan internal dan eksternal dari aset siber.
    3. Harapan dan persyaratan organisasi yang membutuhkan pentest ISO 27001.

Baca juga: Implementasi Information Security Risk Treatment ISO 27001

Manfaat Pengujian Penetrasi ISO 27001

Berikut adalah beberapa keuntungan bagi Perusahaan.

    1. Penetration testing dapat memperbaiki kerentanan sehinga dapat menyelesaikan salah satu bagian tersulit dari audit ISO 27001.
    2. Sertifikasi ISO 27001 akan membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan yang berdampak langsung pada pendapatan.
    3. Dapat menyingkirkan kerentanan berbahaya dalam persiapan audit.

cara penetration test

Proses Penestration Testing (Pentest)

Baca juga: Kenapa harus melakukan Gap Analysis ISO 27001?

Hubungi kami

Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang!

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Discover more articles